Pengertian StandUp Comedi

Pengertian StandUp Comedi
Mungkin beberapa dari kita sudah tidak asing dengan istilah STANDUP COMEDY, karena akhir-akhir kata standup comedy sering muncul di beberapa stasiun tv swasta kita. Tapi mungkin ada juga yang belum tahu dengan istilah standup comedy, maka dari itu saya akan memberikan sedikit pengertiannya.

Lawakan tunggal atau komedi tunggal (bahasa Inggris: Stand-up comedy, harfiah "komedi berdiri"), adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal (bahasa Inggris: stand-up comedian), komik, atau komik berdiri (komik tunggal). Lawakan mereka biasanya direkam dan kemudian dijual menjadi melalui DVD, internet, atau televisi.

Komedi tunggal biasanya dilakukan oleh satu orang (ada juga yang berbentuk grup), membawakan materi yang original atau dibuat sendiri (ada juga yang membawakan lawakan umum), dan biasanya dilakukan di kafe - kafe. Orang yang melakukannya dinamakan Stand Up Comedian, Stand Up Comic, atau hanya disebut Comic. Biasanya para Comic membawakan materi mereka dengan gaya monolog, walaupun ada beberapa jurus yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan penonton.

(sumber : wikipedia)

Kalau menurut saya standup comedy adalah suatu cara untuk menghibur orang dengan cara berdiri di panggung dengan membawakan beberapa materi yang bertemakan kehidupan sehari-hari, dan materi melawak tersebut dibuat oleh Comic sendiri sehingga pada saat dibawakan para penonton bisa tertawa karena materi yang dibawakan oleh komic tersebut.


Standup comedy bukanlah budaya asli indonesia, tapi budaya ini cocok untuk kita ambil karena standup comedy memberikan warna tersendiri dalam dunia lawak dan juga tidak memberikan dampak yang negatif terhadap kita.

0 Response to "Pengertian StandUp Comedi"

Posting Komentar